Tips Merawat Mobil Matic: Kenali Jenis Transmisinya Biar Tak Salah Pilih Oli

Posted on

Otomotife.com – Mobil matic sekarang semakin diminati oleh banyak orang lantaran kemudahan dan juga kenyamanan dalam mengendarainya. Namun, tidak ada semua orang tahu bagaimana cara merawat mobil matic dengan baik juga benar.

Salah satu hal yang dimaksud penting untuk diperhatikan adalah jenis transmisi yang dimaksud digunakan oleh mobil matic. Jenis transmisi ini akan menentukan jenis oli yang cocok untuk menjaga performa dan juga kesehatan mesin mobil.

Ada beberapa jenis transmisi matic yang dimaksud umum digunakan oleh produsen mobil, yaitu:

Transmisi otomatis atau transmisi matik. Sebagai ilustrasi [PTPL].
Transmisi otomatis atau transmisi matik. Sebagai ilustrasi [PTPL].

1. Transmisi Matic Konvensional (AT)

Transmisi ini menggunakan kopling hidrolik atau torque converter untuk mengubah putaran mesin menjadi gerak roda. Transmisi ini membutuhkan oli khusus yang tersebut disebut ATF (Automatic Transmission Fluid).

2. Transmisi Matic Bertingkat (CVT)

Transmisi ini menggunakan sabuk atau rantai logam yang dimaksud dapat berubah panjangnya untuk menyesuaikan rasio gigi sesuai dengan kecepatan juga beban mesin. Transmisi ini membutuhkan oli khusus yang disebut CVTF (Continuously Variable Transmission Fluid).

3. Transmisi Matic Ganda (DCT)

Transmisi ini menggunakan dua kopling kering atau basah yang dimaksud bergantian mengoperasikan dua set gigi, sehingga perpindahan gigi menjadi lebih besar cepat lalu halus. Transmisi ini membutuhkan oli khusus yang mana disebut DCTF (Dual Clutch Transmission Fluid).

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan jenis transmisi matic yang ada di tempat mobil Anda? Jangan sampai salah pilih oli ya!

Sumber : suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *