Tips Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan, Ini Hal Penting yang dimaksud Perlu Dipersiapkan

Posted on

Otomotife.com – Hujan sudah mulai turun mendekati akhir tahun 2023 ini. Bagi para pengguna sepeda motor wajib waspada kemudian berhati-hati saat berkendara pada jalan.

Pasalnya kondisi berkendara menggunakan sepeda motor di area jalan basah dan juga kering tentu sekadar sangat berbeda. Lalu hal apa belaka yang digunakan perlu disiapkan agar tetap aman saat berkendara pada musim hujan.

Berikut tips berkendara sepeda motor saat hujan yang digunakan dapat diterapkan oleh pengendara seperti dikutuip dari Yamaha DDS 3, Senin (27/11/2023) :

Pengendara

– Persiapkan jas hujan yang digunakan sesuai dengan ukuran badan, model setelan (atasan kemudian bawahan) yang mana disarankan untuk menggunakannya saat hujan.

– Disarankan menggunakan helm dengan visor bening sebab saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara.

– Gunakan sepatu karet, tak disarankan menggunakan sandal agar perlindungan kaki tambahan maksimal.

– Hindari melakukan pengereman secara mendadak lalu keras dikarenakan saat kondisi hujan cengkraman ban ke jalan berkurang.

– Jaga jarak aman dengan kendaraan di area sekitar lantaran saat hujan membutuhkan jarak pengereman yang tersebut lebih tinggi panjang.

– Disarankan menggunakan perlengkapan berkendara yang tersebut berwarna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain sehingga terlibat membantu keselamatan berkendara.

Sepeda Motor

– Ban dalam kondisi baik (tidak gundul), miliki tekanan angin standar agar tiada mudah selip.

– Area penting tak terbuka (saringan udara, CVT area) supaya motor tiada mudah mogok atau rusak.

– Kondisi rem baik atau pakem.

– Semua lampu dalam keadaan baik (lampu depan, sein, rem, senja) agar mudah terlihat oleh pengendara lain akibat cuaca gelap menciptakan pencahayaan berkurang.

Perhatikan Kondisi Cuaca

– Kenali kondisi jalan (rusak, lubang, banjir) agar terhindar dari prospek bahaya saat melewati area tersebut.

– Jika hujan lebat juga mengganggu jarak pandang sebaiknya menepi dalam jalur yang dimaksud aman serta tetap mematuhi rambu-rambu yang mana ada.

– Jika kondisi sudah gerimis sebaiknya menggunakan jas hujan jangan menunggu hujan deras.

– Jangan mendadak jika menepi untuk menggunakan jas hujan untuk menghindari bahaya misalnya tertabrak oleh pengendara yang digunakan dalam belakang.

– Jika terdapat genangan air yang cukup tinggi disarankan bukan memaksa untuk melewati atau menerobos, oleh sebab itu akan mengganggu kinerja mesin motor.

Demkian tips berkendara sepeda saat hujan agar tetap aman selama di tempat perjalanan.

Sumber : suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *