Test Drive Mitsubishi XForce: Di belakang Dimanja, Penuh Gaya dalam balik Setir

Posted on

Otomotife.com – Mewah serta nyaman. Kesan ini dominan dirasakan Suara.com ketika menjadi penumpang kemudian duduk di area balik kemudi Mitsubishi XForce, SUV kompak yang baru belaka diluncurkan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tahun ini.

Akhir pekan kemarin kami berkesempatan menjadi penumpang dan juga mengemudi mobil baru dengan mesin 1.499 cc itu dalam acara test drive Mitsubishi XForce dengan rute Solo, Semarang juga Yogyakarta.

Dalam test drive ini, Suara.com bersama puluhan jurnalis lain menumpang lalu mengendarai Mitsubishi XForce tipe Ultimate, yang dimaksud termewah dari dua varian XForce. Varian yang lain adalah Exceed. Setiap mobil rata-rata berisi 4 orang.

Dimanja di tempat kursi penumpang

Perjalanan kami mulai dari Solo menuju Semarang melewati rute yang dimaksud sebagian besar jalan tol Trans Jawa, yang mana sejauh lebih lanjut dari 100 km. Total perjalanannya cuma menghabiskan waktu sekitar dua jam.

Selama perjalan ini, Suara.com duduk dalam kursi penumpang di tempat baris pertama juga kedua. Saat pada kursi pertama, yang paling mencolok mata adalah layar seluas 12,3 inci, yang tersebut jadi pusat sistem entertainment XForce.

Interior serta kabin Mitsubishi XForce. [Dok MMKSI]
Interior lalu kabin Mitsubishi XForce. [Dok MMKSI]

XForce menggunakan smartphone link display audio, yang bisa saja digunakan untuk memutar musik lalu video dari ponsel, flashdisk, hingga radio.

Layar yang digunakan sejenis juga dapat terkoneksi dengan hp Android maupun iPhone dengan aplikasi Android Auto juga Apple Car, sehingga sanggup menampilkan layar ponsel.

Teknologi ini terkoneksi dengan sistem audio Dynamic Sound Yamaha Premium, yang tersebut miliki total 8 speaker di dalam interior mobil. Sistem audio ini memiliki 4 mode, yakni lively, signature, powerful, lalu relaxing.

Selama perjalanan, kami menyempatkan menikmati alunan musik di area dalam XForce dengan empat mode yang digunakan pada atas serta benar saja, pengalaman yang digunakan dirasakan berbeda – memberi kesan pengumuman penuh bak di dalam bioskop.

Sementara dalam perjalanan malam, cahaya biru yang digunakan lembut dari dashboard serta handle pintu kursi depan juga memberikan kesan mewah serta nyaman.

Sementara ketika duduk di tempat kursi belakang, kesan dimanja begitu kuat. Mulai dari ruang yang dimaksud lapang, headrest yang sanggup diatur juga kursi yang dimaksud bisa jadi dimiringkan hingga 33 derajat.

Console Box dalam Mitsubishi XForce yang tersebut bisa jadi berfungsi layaknya kulkas. [dok MMKSI]
Console Box dalam Mitsubishi XForce yang mana sanggup berfungsi layaknya kulkas. [dok MMKSI]

Lebih nyaman lagi, material kulit sintetis yang digunakan digunakan sudah dilengkapi fungsi anti-panas sehingga punggung juga bokong tetap adem meskipun duduk lama dalam dalam mobil.

Di bagian tengah juga terdapat console box yang mana berfungsi sebagai arm rest sekaligus “kulkas”, akibat bisa saja digunakan untuk menyimpan minuman atau makanan serta suhunya akan terjaga tetap dingin. Kotak ini sanggup menampung hingga 4 botol minuman berukuran kecil.

Menyetir

Suara.com berkesempatan memegang kendali kemudi Mitsubishi XForce dalam perjalanan hari kedua (8/12/2023) dari Kopeng di dalam lereng Gunung Merbabu, Salatiga, menuju Kompleks Borobudur, Magelang, Jateng. Rute sejauh 45,5 km ini kami tempuh dalam waktu 1 jam 34 menit.

Perjalanan kami tempuh melewati jalan raya pedesaan yang tersebut didominasi turunan, tanjakan, kemudian tikungan sebelum memasuki jalur padat kendaraan di area Magelang.

Rute perjalanan test drive Mitsubishi XForce pada Jumat (8/12/2023) dari Kopeng menuju Magelang, Jateng. Suara.com berkesempatan menyetir XForce Ultimate di area rute ini. [Suara.com/Liberty Jemadu]
Rute perjalanan test drive Mitsubishi XForce pada Jumat (8/12/2023) dari Kopeng menuju Magelang, Jateng. Suara.com berkesempatan menyetir XForce Ultimate di area rute ini. [Suara.com/Liberty Jemadu]

Saat turun dari datarang tinggi Kopeng, XForce yang digunakan miliki ground clearance 222 mm, bisa saja dikendalikan dengan mudah juga nyaman. Berkat teknologi active yaw control, pengereman dalam jalur turunan juga terasa lebih besar ringan.

Sementara tikungan tajam, juga mampu dilahap dengan relatif mudah berkat radius putar kemudi XForce yang digunakan cuma 5,2 meter.

Fitur hill start assist juga terasa betul fungsinya saat kami terkena macet di tempat lampu merah Cangguk, ketika akan masuk ke jalan raya Soekarno-Hatta, Magelang. XForce otomatis diam di dalam tanjakan, walau rem tiada diinjak.

Yang juga menyenangkan adalah hembusan AC yang mana dikembangkan Mitsubishi bareng Panasonic, yakni NanoeX. Diklaim dapat dapat membasmi kuman juga bau, angin dari AC ini dirasakan bukan memproduksi kulit kering saat mengemudi.

Mitsubishi XForce saat melibas tikungan di area dataran tinggi Kopeng, Salatiga, Jateng pada Jumat (8/12/2023). [Dok MMKSI]
Mitsubishi XForce saat melibas tikungan pada dataran tinggi Kopeng, Salatiga, Jateng pada Jumat (8/12/2023). [Dok MMKSI]

Selain itu layar digital driver display seluas 8 inci dalam hadapan pengemudi juga memberikan informasi penting terkait mobil. Termasuk yang digunakan terpenting adalah tentang tekanan angin ban.

Meski demikian ada satu yang mana cukup mengganggu perhatian kami, yakni nomor dan juga huruf-huruf yang tersebut terlalu banyak di tempat layar smartphone link display audio seluas 12,3 inci di dalam bagian tengah dashboard.

Harus diakui cukup rumit mengoperasikan sistem entertainment XForce ini, lantaran didominasi oleh bilangan bulat dan juga huruf. Karenanya dianjurkan, penyetelan layar ini dijalani sebelum perjalanan di tempat mulai.

Mitsubishi XForce saat melewati turunan pada dataran tinggi Kopeng, Salatiga, Jateng pada Jumat (8/12/2023). [Suara.com/Liberty Jemadu]
Mitsubishi XForce saat melewati turunan pada dataran tinggi Kopeng, Salatiga, Jateng pada Jumat (8/12/2023). [Suara.com/Liberty Jemadu]

MMKSI sendiri, setelah memperkenalkan Mitsubishi XForce pada Agustus lalu, mengaku sudah mengedarkan sekitar 5.550 unit mobil hal itu hingga awal Desember 2023.

Mitsubishi XForce sendiri sudah mulai dikirimkan ke konsumen sejak November lalu. MMKSI pada saat ini tengah gencar menggelar iklan mobil barunya yang tersebut ditargetkan dijual 2000 unit per bulan.

Sumber : suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *