Serba Canggih dan juga Ramah Lingkungan, Ibu Kota Nusantara Nantinya Perkenankan Ojek Daring Beroperasi Pakai Micromobility

Posted on

Otomotife.com – Berbicara tentang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang akan menjadi lokasi baru menggantikan fungsi Jakarta sebagai capital city of Indonesia, konsep ramah lingkungan dikedepankan untuk menjaga kualitas udara kawasan ini. IKN dirancang sebagai 10 Minute City untuk menuju halte, perkantoran, kemudian kawasan permukiman.

Dikutip dari kantor berita Antara, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 63/2022 bahwa sebagai kota yang dimaksud kompak lalu mudah dikembangkan maka tujuan utama dari rencana Ibu Kota Nusantara adalah menciptakan kota masa depan yang digunakan tidaklah bergantung pada kendaraan pribadi dengan konsep pengembangan kawasan berorientasi transit atau transit oriented development (TOD).

Tujuannya adalah agar komunitas dapat tinggal, bekerja, lalu bermain dengan layak; sebuah komunitas yang mana memungkinkan tambahan banyak pejalan kaki, pesepeda, dan juga pengguna transit, serta dapat mengurangi kebutuhan perjalanan harian dan juga kota yang dimaksud kompak.

Ilustrasi kereta IKN. [Ist]
Ilustrasi kereta IKN, sebagai bagian transportasi umum [IKN]

Untuk menjamin TOD betul-betul diterapkan di dalam IKN, pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) tak ada operasional kendaraan bermotor roda dua walaupun pun bertenaga elektrik. IKN sudah dirancang sebagai 10 Minute City untuk menuju halte, perkantoran, dan juga bahkan kawasan permukiman.

“Pengantaran makanan atau apapun tiada melalui motor, tapi menggunakan micromobility. Jadi saya sampaikan bahwasanya Gojek, GoFood, dan juga apapun itu namanya bukan berarti tidaklah boleh beroperasi pada KIPP tetapi mereka beroperasi menggunakan micromobility di dalam mana seluruh gedung pada IKN konektivitas serta aksesibilitasnya dihubungkan antara satu gedung dengan yang dimaksud lain,” jelas Resdiansyah, Chief Urban Mobility Otorita IKN (OIKN) dalam diskusi daring di area Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Resdiansyah menandaskan bahwa kendaraan operasional roda dua yang dimaksud tidak ada boleh digunakan adalah operasional kendaraan bermotor roda dua pada KIPP, bukan layanan ojek online seperti Gojek, GoFood atau sejenisnya.

“Micromobility teman-teman boleh masuk ke lift, ke dalam kantor, serta sanggup melalui sky bridge kemudian kami aktifkan yang dimaksud namanya active mobility,” katanya lagi.

“OIKN melarang operasional kendaraan bermotor roda dua hanya sekali di area KIPP untuk sementara ini, tetapi apakah nanti berkembang? Kami lihat kondisinya bagaimana. Karena perintah Presiden jelas yaitu 80 persen transportasi rakyat kemudian 20 persen sisanya kendaraan pribadi,” tutur Resdiansyah.

Micromobility sendiri adalah kendaraan kecil serta ringan yang digunakan beroperasi dengan kecepatan di dalam bawah 25 km per jam seperti sepeda, sepeda listrik, lalu sebagainya.

Sebagai catatan, dalam seremoni opening MarketPlus Conference 2024 yang tersebut digelar dalam Ballroom The Ritz Carlton Jakarta, Hermawan Kartajaya membawakan paparan tentang tantangan sektor ekonomi atau uncertainty challenge di dalam masa depan. Termasuk di tempat dalamnya adalah bagaimana visi dan juga misi menjadikan negeri kita sebagai suatu negara.

Potret negeri kita hari ini serta rencana menuju masa depan yang dibawakan dalam pembukaan MarkPlus Conference 2023 oleh Hermawan Kartajaya [Suara.com/CNR ukirsari]
Potret negeri kita hari ini serta rencana menuju masa depan yang tersebut dibawakan dalam pembukaan MarkPlus Conference 2023 oleh Hermawan Kartajaya [Suara.com/CNR ukirsari]

IKN disinggung sebagai calon ibu kota masa depan, disandingkan dengan negara-negara yang mana kerap dimasukkan sebagai materi pembicaraan. Mulai Wakanda, Konoha, sampai Indonesia yang dimaksud sudah dikenal selama ini serta berada di area masa sekarang. Kondisi uncertain yang muncul mesti diatasi kemudian diperlakukan secara tepat agar menjadi salah satu kekuatan di tempat masa depan.

Sumber : suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *