Program SSI X, Kolaburasi Para Startup Digital dari Berbagai Bidang

Posted on

Otomotife.com – Sebuah program baru bernama “SSI X” merupakan wadah bagi kolaburator (berupa institusi pemerintahan/swasta) untuk turut serta dalam pengembangan founder dan juga startup digital.

“Kami mengundang institusi pemerintah serta swasta untuk turut berpartisipasi dengan menyediakan akses case study juga akses ke pasar melalui eksperimen sandbox,” ujar Slamet Santoso, Direktur
Pemberdayaan Informatika, Kominfo RI.

Harapannya, dia menambahkan, eksperimen terbatas ini dapat membantu startup dalam memvalidasi produknya dalam target pasar.

Program ini diperkenalkan bertepatan dengan penutup dari serangkaian program akselerator Startup Studio Indonesia (SSI) Batch 7.

Sejauh ini, SSI sudah pernah menuntaskan 7 batch pelatihan dengan tema penutupan “Empowering Tomorrow: Charting New Landscape in Business and Society”, memiliki total 115 alumni startup berprestasi.

Perjalanan membangun komoditas digital untuk pasar Indonesia sangatlah unik serta cuma mampu dipelajari melalui akumulasi pengalaman.

Milestone Day Startup Studio Indonesia (SSI) Batch 7. [Tangakpan Layar]
Milestone Day Startup Studio Indonesia (SSI) Batch 7. [Tangakpan Layar]

Berdasarkan data, total pendanaan yang mana tersalur ke startup alumni SSI Batch 1-7 sudah mencapai lebih lanjut dari Rp1,2 triliun (79 jt Dolar AS).

Milestone Day ini terdiri dari rangkaian talkshow yang tersebut mengundang para narasumber inspiratif dari berbagai industri, seperti teknologi, kesehatan, energi, hingga fintech.

Penutupan ini mengundang VP Inovasi Teknologi kemudian Inkubasi Bisnis Korporat PT. PLN, Tri Hardimasyar, Head of International Business Bank DKI, Risman Firmansyah, CEO Rekosistem, Ernest Layman juga CEO Eratani, Andrew Soeherman.

Startup Studio Indonesia merupakan program akselerator startup digital Kominfo yang mana bertujuan untuk mendampingi serta membina para startup tahap awal (early-stage) selama 15 minggu agar sanggup menemukan product-market fit (PMF).

Kominfo akan terus melanjutkan program Startup Studio Indonesia dengan target meluluskan 150 startup digital dalam tahun 2024.

Harapannya, para startup alumni SSI mampu mengembangkan skala bisnisnya usai mengikuti pelatihan.

Startup-startup yang mana pada masa kini resmi menjadi alumni antara lain CareNow (pembiayaan kebutuhan medis), Banoo (solusi teknologi untuk perikanan), FarmaCare (platform rantai pasok farmasi).

Ada juga AyoKenalin (jaringan agen online untuk pemasaran digital), HealthPro (penyedia tenaga kesehatan on-demand), Gapai.id (platform lowongan kerja untuk migran) lalu masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *