Meta Bentuk Tim Khusus Buat Pantau pemilihan umum lalu Pilpres 2024 di tempat Indonesia

Posted on

Otomotife.com – Perusahaan induk Facebook serta Instagram, Meta mengumumkan beberapa jumlah upaya jelang gelaran Pemilihan Umum dan juga Pemilihan Pilpres alias pemilihan umum 2024 serta Pilpres 2024 dalam Indonesia.

“Melindungi pemilihan umum Indonesia adalah prioritas Meta. Kami terus berinvestasi dalam upaya menghubungkan publik dengan informasi seputar pilpres dari sumber-sumber resmi terpercaya, sekaligus memerangi misinformasi, ujaran kebencian, lalu campur tangan pemilih,” ungkap Karissa Sjawaldy selaku Public Policy Manager Meta Indonesia, dikutip dari siaran pers, Minggu (26/11/2023).

Pertama, Meta membentuk tim operasi pemilihan umum khusus untuk memantau kemudian mengatasi berbagai risiko yang kemungkinan muncul. Tim operasi ini terdiri dari para ahli internal di area tim Meta di tempat berbagai negara, termasuk yang dimaksud dapat berbahasa Indonesia juga mengerti konteks yang dimaksud terjadi di tempat Indonesia.

“Pendekatan ini mencakup membatasi penyebaran misinformasi, memperluas kemampuan pemeriksaan fakta, lalu meningkatkan transparansi seputar iklan yang tersebut dilihat para pengguna di area jaringan Meta,” lanjut Karissa.

Selain itu, Meta bekerja identik dengan mitra warga sipil serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan juga Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dalam meningkatkan berbagai upaya mendekati pilpres bulan Februari mendatang.

Meta juga telah lama memberikan pelatihan peningkatan kapasitas untuk berbagai lembaga pemerintah, organisasi pemantau pemilu, LSM, serta kandidat urusan politik untuk memberi informasi kepada merek tentang kebijakan, layanan, transparansi iklan, dan juga alat pelaporan yang tersebut relevan.

Kemudian perusahaan juga mengadakan pelatihan bagi tim kerja KPU kemudian Bawaslu, serta bekerja identik dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) untuk menyelenggarakan lokakarya bagi jurnalis dari kota-kota di area luar Jakarta.

“Ke depannya, kami juga berkomitmen untuk melanjutkan upaya ini bersama dengan organisasi warga sipil serta otoritas pilpres menjelang, selama, serta setelah hari pemungutan suara,” beber Karissa.

Anggota Bawaslu, Lolly Suhenty menerangkan kalau kolaborasinya dengan Meta mencerminkan komitmen bersama untuk melakukan edukasi kepada warga agar lebih besar bijak dalam mencari lalu berbagi informasi terkait pemilu.

“Kami harap sinergi ini akan membantu menciptakan lingkungan digital yang digunakan aman, transparan, juga dapat dipercaya menjauhi pilpres mendatang,” ujar Lolly Suhenty.

Program Meta untuk pemilihan umum 2024 di area Indonesia
Selain itu, Meta memiliki berbagai program yang dimaksud dibuat demi menyukseskan ajang pilpres 2024 serta Pilpres 2024 di dalam Indonesia. Berikut daftarnya:

Edukasi pemilih
Meta meluncurkan program lembaga pendidikan kewarganegaraan bernama Bijak Bersuara. Program ini untuk memperkenalkan informasi tentang topik-topik utama literasi digital terkait pemilu.

Hal ini termasuk informasi lalu tips bagaimana mengatasi misinformasi, bersikap bijak dalam berkomunikas di area dunia digital, kemudian tetap aman saat menggunakan wadah digital.

Selain itu, ARlection, sebuah kompetisi kolaborasi antara Meta serta Hacktiv8, juga hadir untuk mengajak para peserta menciptakan efek atau filter di tempat Instagram juga Facebook bertemakan pilpres 2024 dengan menggunakan teknologi AR.

Kemitraan untuk pengecekan fakta pihak ketiga
Meta bermitra dengan Kompas, Tempo, Liputan6, Tirto, Mafindo, dan juga Agence France-Presse (AFP) yang tersebut akan melakukan pengecekan atau review terhadap konten misinformasi menyebar yang digunakan beredar dalam bahasa Inggris serta Bahasa Indonesia.

Program literasi digital
Meta meluncurkan program unggulan literasi digitalnya, Asah Digital, di dalam Indonesia pada tahun 2019 untuk memberdayakan penduduk Indonesia, khususnya kaum muda, dengan keterampilan literasi digital dan juga memperkenalkan kewarganegaraan digital yang digunakan bertanggung jawab.

Program ini menyediakan sumber daya lalu modul sekolah melalui kemitraan dengan lima organisasi warga sipil guna membantu penduduk Indonesia mengembangkan keterampilan berpikir kritis kemudian menumbuhkan kewarganegaraan digital yang tersebut bertanggung jawab dalam komunitas mereka.

Meta sudah membentuk program Asah Digital 2023 untuk menjangkau pemilih muda serta pemula pada Indonesia, yang digunakan mencakup lebih besar dari 50% kelompok pemilih, di tempat berbagai penjuru Nusantara melalui kemitraan dengan Love Frankie, USAID, dan juga YCAB Foundation.

Roadshow literasi digital diselenggarakan oleh WhatsApp, ICT Watch, Kementerian Komunikasi dan juga Informatika, Bawaslu serta KPU dalam delapan kota di dalam Indonesia yang mana paling rawan konflik pilpres menurut Indeks Keamanan pilpres Bawaslu.

Kota-kota hal itu antara lain Ternate, Manado, Pekanbaru, Kupang, Samarinda, Jakarta, Jayapura, dan juga Bandung. Seminar kemudian lokakarya ini bertujuan untuk mencegah penyebaran misinformasi selama masa pemilu.

Berkolaborasi dengan ICT Watch, Kementerian Komunikasi dan juga Informatika, serta 178 mitra komunitas; Meta meluncurkan kampanye literasi digital online, #BertemanAman. Kampanye ini berfokus pada amplifikasi konten edukasi tentang keamanan serta privasi digital, lalu telah terjadi menjangkau lebih besar dari 8 jt orang sejak tahun 2022.

Pengingat juga Stiker Pemilu
Pengingat Hari pemilihan umum adalah notifikasi Facebook juga Instagram di dalam bagian atas Feed akun pengguna yang mana mengingatkan merek untuk memilih lalu mengarahkan dia ke informasi resmi tentang pemungutan suara.

Di Instagram, akan ada stiker yang dapat digunakan dalam Stories pengguna untuk menunjukkan partisipasi merekan dalam pemilu. Pengguna yang tersebut mengetuk Stiker di dalam Stories pengguna lain mendapatkan opsi untuk mengklik informasi resmi tentang pemungutan suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *