Kewirausahaan Sektor Otomotif Berpotensi Mendukung TKDN, Bagaimana Peluangnya dalam Masa Depan Indonesia?

Posted on

Otomotife.com – Industri Kecil Menengah (IKM) lalu Usaha Mikro, Kecil, juga Menengah (UMKM), serta Usaha Kecil, juga Menengah (UKM) adalah bagian dari tulang punggung perekonomian Indonesia. Termasuk dalam antaranya IKM otomotif, UMKM dan juga UKM otomotif.

Margono Tanuwijaya, CEO PT Federal International Finance atau FIFGROUP dalam kesempatan bincang bersama jurnalis menyatakan bahwa salah satu cita-cita FIFGROUP adalah tumbuh bersama UMKM. Yaitu selaras dengan tujuan dari payung industri perusahaan ini, PT Astra International Tbk–sebuah perusahaan nasional yang digunakan memiliki 272 anak usaha, antara lain sektor otomotif, layanan pembiayaan, serta asuransi–bahwa selain berbisnis dibutuhkan keseimbangan, bagaimana berbuat baik lalu berguna bagi warga serta lingkungan sekitar.

Sehingga, salah satu program FIFGROUP adalah terus membina dan juga menjadi mitra dari para pelaku industri mikro, kemudian kecil ini. Tidak terkecuali UMKM serta IKM otomotif.

Dalam wacana berikut akan disampaikan, betapa sektor otomotif belum banyak dikelola juga dimintakan modal atau layanan pembiayaan dalam sebuah workshop yang digunakan digelar FINATRA, salah satu brand services FIFGROUP.

Senada, kondisi yang menyebutkan bahwa produksi spareparts otomotif atau kerap disebut otoparts belum banyak bersinergi dengan perusahaan-perusahaan besar.

Di di lokasi ini akan dibahas pula kriteria yang tersebut diinginkan calon pembeli dalam sebuah rantai pasok, apakah memenuhi standar sesuai permintaan. Juga adanya keuntungan bila pihak pemesan atau pembeli tengah mengejar atau ingin menaikkan TIngkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Sehingga dengan demikian produksi dari mereka yang mana menekuni kewirausahaan atau entrepreneurship sektor otomotif ini memberikan dampak positif bagi perekonomian Tanah Air.

Selamat membaca.

1. Masih Sedikit UMKM Otomotif Jalin Kemitraan dengan Industri Besar, IKM Closed Loop Berikan Pelatihan 5R

Ilustrasi komponen otomotif [Shutterstock/Teerasak Khemngern]
Ilustrasi komponen otomotif [Shutterstock/Teerasak Khemngern]

Industri Kecil Menengah (IKM) adalah aktivitas produksi berbagai jenis barang kebutuhan sehari-hari. Termasuk IKM otomotif, yang mana menyediakan berbagai barang berhubungan dengan kendaraan roda dua serta roda empat atau lebih.

Produk-produk yang dihasilkan IKM dipasarkan dalam aktivitas Usaha Kecil Menengah atau UKM dengan fokus untuk usaha kecil. Perbedaannya dengan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah) adalah fokusnya kepada cakupan bisnis mikro.

Baca selengkapnya

2. Yang Muda serta Bertalenta di tempat Sektor Otomotif, Mulai Bisnis Konversi sampai Otoparts Dipandu Layanan Pembiayaan

Bengkel yang membuka layanan jasi konversi kendaraan ICE (Internal Combustion Engine) menjadi tenaga listrik. Diabadikan pada bengkel Elders Garage, Gedung Smesco Jakarta. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Alfian Winanto]
Bengkel yang mana membuka layanan jasi konversi kendaraan ICE (Internal Combustion Engine) menjadi tenaga listrik. Diabadikan di dalam bengkel Elders Garage, Gedung Smesco Jakarta. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Alfian Winanto]

Masa kejayaan teknologi yang digunakan pada saat ini tengah berlangsung terlibat membuka lowongan kerja tak terbatas bagi generasi muda. Istilah solopreneur atau berbisnis pada berbagai macam sektor dengan prospek mendapatkan cuan tambahan maksimal  bisa jadi dilakukan.

Aktor juga sutradara Pevita Pearce menyatakan kebisaan berbisnis banyak hal ini adalah multitasking. Untuk itu,  layanan perbankan yang ia butuhkan adalah sebuah bank yang tersebut dapat melayani beberapa pos kebutuhan sekaligus. Seperti keuntungan, pembiayaan, sampai suku bunga yang mana bagus.

Baca selengkapnya

3. Ada Program Inkubasi Sahabat FINATRA, UMKM Otomotif Bidang Otoparts Punya Peluang Besar Bergabung lalu Cetak Sukses

Ilustrasi spareparts otomotif atau disebut otoparts [Shutterstock]
Ilustrasi spareparts otomotif atau disebut otoparts [Shutterstock]

Pekan lalu dalam acara Silaturahmi FIFGROUP dengan Editor Media, Margono Tanuwijaya, CEO FIFGROUP menyatakan bahwa Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah atau UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia.

Sehingga tumbuh juga berkembang bersama sektor dunia usaha mikro turut menjadi bagian dari cita-cita perusahaan pembiayaan yang tersebut berada di area bawah PT Astra International Tbk–perusahaan nasional yang digunakan memiliki 272 anak usaha, antara lain bergerak di tempat sektor otomotif, layanan pembiayaan, serta asuransi–ini.

Baca selengkapnya

4. Pembiayaan Motor Honda Jadi Sumber Terbesar FIFGROUP, Berikut Brand Services yang mana Ikut Tumbuh Kuartal Ini

AstraPay Sanur Village Festival 2023, Sanur, Denpasar, Bali, salah satu acara yang digunakan melibatkan brand services FIFGROUP, FIFASTRA dalam sektor pembiayaan sepeda motor Honda [FIFGROUP].
AstraPay Sanur Village Festival 2023, Sanur, Denpasar, Bali, salah satu acara yang digunakan melibatkan brand services FIFGROUP, FIFASTRA dalam sektor pembiayaan sepeda motor Honda [FIFGROUP].

Dalam acara Silaturahmi FIFGROUP dengan Editor Media di dalam Jakarta (7/11/2023), Margono Tanuwijaya, CEO PT Federal International Finance atau FIFGROUP mengungkapkan perolehan laba mencapai Rp 3 triliun untuk kuartal ketiga tahun ini. Dengan layanan pembiayaan sepeda motor Honda sebagai yang mana paling besar memberikan kontribusi, di area bawah brand service FIFASTRA.

Selain FIFASTRA, ada beberapa brand services dalam jajaran FIFGROUP yang digunakan turut memberikan kontribusi terhadap perolehan laba Rp 3 triliun, atau mengalami peningkatan 30,3 persen year-on-year, dibandingkan dengan perolehan dalam periode identik pada 2022 yaitu Rp 2,3 triliun.

Baca selengkapnya

5. Gunakan Value Chain Astra, FINATRA Lakukan Pendekatan ke PT AHM untuk UMKM Otoparts

Teknisi AHASS tengah melakukan preparasi sepeda motor lalu komponennya atau otoparts sebelum barang dikirim kepada konsumen. Sebagai ilustrasi [PT Wahana Makmur Sejati].
Teknisi AHASS tengah melakukan preparasi sepeda motor dan juga komponennya atau otoparts sebelum produk-produk dikirim kepada konsumen. Sebagai ilustrasi [PT Wahana Makmur Sejati].

Pada Rabu (15/11/2023) FINATRA dari FIFGROUP–PT Federal International Finance, salah satu bagian PT Astra International Tbk, sebuah perusahaan nasional yang tersebut mempunyai 272 anak bidang usaha antara lain di dalam sektor otomotif, layanan pembiayaan, lalu asuransi–menggelar workshop Sahabat FINATRA untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah (UMKM) yang mana telah dilakukan dikurasi.

Di antara berbagai perusahaan UMKM yang digunakan menjadi existence customer FINATRA selama 18 bulan belakangan ini–sejak program Sahabat FINATRA bergulir–groceries menjadi yang terbesar. Dilanjutkan food and beverages, sampai land transportasi, tekstil, kemudian otomotif.

Baca selengkapnya

6. Gelar Workshop Plus Kompetisi Berhadiah, FINATRA Tunjukkan Komitmen Dukung UMKM

Program Inkubasi Sahabat FINATRA yang tersebut digelar di area kantor FIFGROUP Pasar Minggu, Jakarat Selatan [Suara.com/CNR ukirsari].
Program Inkubasi Sahabat FINATRA yang digunakan digelar di area kantor FIFGROUP Pasar Minggu, Jakarat Selatan [Suara.com/CNR ukirsari].

FINATRA, salah satu brand services PT Federal International Finance (FIFGROUP)–bagian dari PT Astra International Tbk, sebuah perusahaan nasional yang memiliki 272 anak usaha, antara lain sektor otomotif, layanan pembiayaan, dan juga asuransi–menggelar workshop untuk Usaha Mikro, Kecil, juga Menengah (UMKM) di dalam kantor FIFGROUP Cabang Pasar Minggu, Pejaten, Jakarta Selatan.

Kegiatan yang digunakan berlangsung Rabu (15/11/2023) ini adalah wujud komitmen membantu pengembangan UMKM selaku tulang punggung perekonomian Indonesia.

Baca selengkapnya

7. Sama-Sama Miliki Sumber Daya Mineral Melimpah, Indonesia-Australia Tandatangani Mekanisme Bilateral Kolaborasi EV

Ilustrasi pengisian ulang elemen penyimpan daya EV yg memiliki sel lithium (Shutterstock).
Ilustrasi pengisian ulang sel EV yg memiliki sel lithium (Shutterstock).

Beberapa saat lalu, Indonesia lalu Australia menandatangani kerja sebanding bilateral IA-CEPA, yang tersebut dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri sebagai persetujuan kemitraan dunia usaha yang digunakan komprehensif antara Indonesia dengan Australia, dengan prinsip dasar kemitraan yang dimaksud saling menguntungkan (win-win).

Kemitraan ini akan memperkuat hubungan dunia usaha Indonesia juga Australia dalam jangka waktu yang digunakan panjang. IA-CEPA berbeda dengan Free Trade Agreement FTA.

Baca selengkapnya

Sumber : suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *