Fitur Moge pada Yamaha X-Max 250 TechMax, Tak Lagi Takut Ban Selip di area Musim Hujan

Posted on

Otomotife.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi memperkenalkan X-Max 250 TechMax. Motor ini dirilis pada pada Sabtu (9/12) di tempat Sentul, Kabupaten Bogor.

Harga dari skutik bongsor ini dibanderol Rp 71,3 On The Road (OTR) Jakarta. Motor ini ternyata mempunyai salah satu fitur menarik dimana hanya sekali ada dalam moge.

Fitur hal itu yakni Traction Control System atau biasa dikenal TCS. Fitur ini berfungsi untuk mencegah ban belakang selip ketika motor berakselerasi kencang atau berada pada jalanan licin.

Fitur yang tersebut biasa disematkan di dalam moge ini bekerja dengan memanfaatkan perangkat speed sensor yang mana membaca kecepatan putaran roda depan maupun belakang.

PT YIMM Luncurkan Produk Terbaru Yamaha X-Max Tech Max, Sabtu (9/12/2023). (Foto: Suara.com/Manuel Jeghesta)
PT YIMM Luncurkan Produk Terbaru Yamaha X-Max Tech Max, Sabtu (9/12/2023). (Foto: Suara.com/Manuel Jeghesta)

Ketika sensor mendeteksi adanya perbedaan kecepatan, maka informasi akan langsung dikirimkan ke ECU dan juga kemudian ECU akan meresponnya dengan cara mengurangi putaran mesin.

Cara mengurangi putaran mesin ini sendiri diimplementasikan dengan dua cara, yaitu memundurkan waktu pengapian (ignition delay) serta dapat dengan mengurangi suplai bensin ke ruang pembakaran.

Yamaha sebelumnya sudah menyematkan fitur ini di dalam salah satu keluarga MAXI yakni Yamaha NMAX 155 Connected ABS.

Dengan kehadiran fitur ini, tentunya pengendara tetap aman ketika berkendara dalam jalan raya ketika musim hujan.

Sumber : suara.com