Drama Sam Altman Dipecat Bongkar Teknologi Berbahaya OpenAI

Posted on

Otomotife.com – Kabar CEO OpenAI Sam Altman dipecat perusahaannya sendiri ternyata mengungkap fakta baru masalah teknologi berbahaya yang dimaksud dimiliki perusahaan pembuat ChatGPT tersebut.

Diketahui Sam Altman dipecat dewan perusahaan OpenAI dikarenakan adanya rumor mengenai keamanan Artificial General Intelligence (AGI). AGI adalah teknologi AI yang tersebut miliki kecerdasan layaknya manusia dan juga dapat memahami segala sesuatu di dalam sekitarnya.

Selain itu, rumor lain mengatakan kalau Sam Altman bukan jujur pada dewan hingga adanya keresahan produk-produk AI ke rakyat tanpa adanya tindakan pencegahan keamanan yang dimaksud memadai.

Nah menurut narasumber anonim, para peneliti di area OpenAI ternyata sudah mulai tak lama lagi meluncurkan komoditas AGI. Ini berbeda dengan apa yang mana dia umumkan ke publik.

Definisi AGI sendiri telah terjadi berkembang dalam OpenAI, dari tugas yang dimaksud dapat diajarkan kepada manusia hingga melampaui kemampuan manusia dalam bidang yang digunakan bernilai ekonomi.

Transparansi dilaporkan telah dilakukan berkurang sejak peluncuran GPT-2 pada tahun 2019, dengan meningkatnya kerahasiaan seputar detail model, yang tersebut mungkin terkait dengan pengembangan AGI.

Implikasi AGI ini sangat besar sehingga memerlukan kolaborasi global untuk mengatasi risiko juga upaya mitigasi, sesuai laporan Gizmochina, Minggu (26/11/2023).

AGI sendiri dikhawatirkan dapat menciptakan banyak orang kehilangan pekerjaan hingga menciptakan adanya pergolakan konflik sosial, pada mana orang-orang kaya lebih banyak cenderung berkuasa sebab teknologi ini.

Saat Altman dipecat, mayoritas dari 700 karyawan OpenAI mengancam resign. Mereka sanggup mengubah keputusannya apabila para anggota dewan perusahaan mengundurkan diri, yang digunakan mana Sam Altman saat ini sudah bekerja kembali di dalam OpenAI.

Sebelum pemecatan Altman, staf peneliti mengirimkan surat peringatan kepada dewan perusahaan tentang penemuan AI yang dimaksud kuat, yang mana berpotensi terkait dengan proyek Q*.

Q* adalah sebuah proyek OpenAI yang tersebut dinilai sebagai terobosan dalam pencarian AGI. Proyek ini mampu menunjukkan kemampuan pemecahan kesulitan matematika yang luar biasa dengan sumber daya komputasi yang tersebut signifikan.

Surat itu menandai kehebatan dan juga prospek bahaya AI tanpa menyebutkan secara spesifik hambatan keamanannya.

Proyek Q* kemudian surat peringatan disebut-sebut sebagai faktor penyebab pemecatan Altman, dan juga Mira Murati, seseorang eksekutif lama, menyebutkan proyek hal tersebut kepada karyawan. Juru bicara OpenAI mengkonfirmasi komunikasi Murati tetapi tidak ada mengomentari persoalan rumor proyek Q* tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *