Cara Menghilangkan Jamur pada Plafon Mobil, Ternyata Bisa Gunakan Bahan Dapur

Posted on

Otomotife.com – Jamur dalam plafon mobil dapat menjadi kesulitan yang digunakan menjengkelkan lalu menyebabkan tampilan interior menjadi kurang sedap dipandang mata.

Pada umumnya, jamur dalam plafon mobil muncul akibat kelembaban berlebihan serta kondisi lingkungan yang tersebut cocok bagi pertumbuhannya.

Tidak semata-mata akan merusak estetika mobil, jamur dalam plafon juga tidaklah baik untuk kesehatan pernapasan dalam dalam mobil. Untuk itu perlu cara perawatan yang mana tepat agar plafon mobil bebas dari jamur.

Penyebab Plafon Mobil Berjamur

Sebelum mengetahui cara menghilangkan jamur dalam plafon mobil, Anda perlu mendeteksi terlebih dahulu penyebabnya.

Plafon mobil dapat berjamur sebab kelembaban berlebihan di dalam dalam mobil yang dimaksud menciptakan lingkungan yang digunakan ideal bagi pertumbuhan jamur.

Selain itu, kebocoran air atau rembesan air hujan sanggup menjadi penyebabnya jika air terperangkap di area dalam plafon mobil.

Hal ini sanggup juga disebabkan oleh debu juga kotoran yang mana menempel pada plafon yang tersebut dapat menjadi media pertumbuhan jamur jika kondisi lembab. Berikut cara menghilangkan jamur di area plafon mobil yang tersebut ternyata juga dapat menggunakan unsur dapur, dikutip Senin (27/11/2023):

Bersihkan Plafon

Gunakan sikat lembut atau kain microfiber untuk membersihkan plafon dari debu kemudian kotoran. Pastikan plafon dalam keadaan kering sebelum melanjutkan.

Pilih Pembersih yang digunakan Tepat

Gunakan pembersih khusus untuk jamur atau jamur yang tersedia pada toko otomotif. Anda juga dapat menggunakan komponen dapur yang tersebut berada pada rumah.

Caranya dengan mencampur air dan juga cuka putih dengan perbandingan 1:1 sebagai alternatif pembersih alami.

Aplikasikan Pembersih

Oleskan pembersih secara merata ke daerah yang mana terkena jamur di dalam plafon. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penyelenggaraan pada label produk.

Gosok dengan Lembut

Gunakan sikat lembut atau spons untuk menggosok perlahan area yang tersebut terkena jamur. Hindari menggosok terlalu keras agar tidak ada merusak permukaan plafon.

Bilas dengan Air Bersih

Setelah selesai menggosok, bilas plafon dengan air bersih menggunakan kain yang dimaksud lembut atau spons yang tersebut telah dilakukan dibasahi. Pastikan semua pembersih dan juga residu jamur terhapus.

Keringkan dengan Baik

Biarkan plafon mobil mengering secara alami. Pastikan mobil terjaga dari kelembapan berlebihan selama proses pengeringan.

Pencegahan Lanjutan

Untuk mencegah pertumbuhan jamur dalam masa mendatang, pastikan mobil Anda selalu dalam kondisi kering serta jangan biarkan air tergenang di area dalamnya. Gunakan penghisap udara atau benda yang dapat menyerap kelembapan jika perlu.

Periksa Keadaan Plafon

Jika jamur sangat parah atau plafon mengalami kerusakan, pertimbangkan untuk mengganti plafon mobil Anda atau berkonsultasi dengan bengkel profesional. Demikian cara menghilangkan jamur di dalam plafon mobil.

Sumber : suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *