Berkas Apa Saja yang Perlu Diminta ketika Beli Mobil Bekas? Ini 7 Dokumen yang tersebut Wajib Ada

Posted on

Otomotife.com – Beli mobil bekas dapat jadi pilihan yang tersebut cerdas, khususnya jika pertimbangan soal budget menjadi faktor utama.

Nah jika mobil dalam kondisi layak kemudian kesepakatan transaksi pun dilakukan, ada beberapa berkas yang digunakan menjadi hak pembeli kemudian wajib diberikan oleh si penjual.

Berkas alias dokumen ini menjadi bukti kesahihan kepemilikan kendaraan, lalu juga akan berguna dalam pemeliharaanya nanti, termasuk dari segi perpanjangan pajak lalu semacamnya.

Pantang tergesa-gesa, pastikan pembeli wajib mendapat dokumen atau berkas berikut ketika beli mobil bekas. Apa saja?

Ilustrasi mobil. (Indianauto)
Ilustrasi mobil. (Indianauto)

1. BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)

Ini adalah bukti kepemilikan resmi dari mobil. Pastikan nama pemilik di tempat BPKB sesuai dengan penjual, dan juga tak ada coretan atau robekan. Jika ada, bisa jadi jadi mobil itu bermasalah atau hasil curian.

2. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)

Ini adalah surat izin mengemudi yang mana harus selalu dibawa saat berkendara. Pastikan nomor polisi, nomor rangka, juga nomor mesin di area STNK sesuai dengan yang mana ada dalam mobil. Juga, pastikan masa berlaku STNK masih lama juga bukan habis dalam waktu dekat.

3. Faktur

Ini adalah surat pembelian mobil dari dealer atau pabrik. Faktur ini menunjukkan tahun pembuatan, model, warna, juga spesifikasi lainnya dari mobil. Faktur ini berguna untuk mengecek apakah mobil itu pernah mengalami modifikasi atau bukan (khususnya pada cat mobil), lalu juga untuk mengurus pajak lalu asuransi.

Ilustrasi BPKB - Cara Bayar Pajak Motor (Shutterstock)
Ilustrasi BPKB – Cara Bayar Pajak Motor (Shutterstock)

4. Fotokopi KTP pemilik kendaraan sebelumnya

Ini adalah identitas diri dari penjual. Anda perlu memohon fotokopi KTP untuk memverifikasi bahwa penjual adalah orang yang identik dengan pemilik di tempat BPKB. Jika tidak, Anda harus menanyakan hubungan antara penjual juga pemilik, lalu mengajukan permohonan surat kuasa atau surat pernyataan jika perlu.

5. Service Record (kalau ada)

Ini adalah catatan perawatan serta perbaikan yang mana pernah diimplementasikan pada mobil. Service record ini dapat membantu Anda menilai kondisi lalu kesehatan mesin, serta menghindari mobil yang pernah mengalami kecelakaan parah atau banjir.

6. Buku manual

Jika Anda awam dengan dunia mobil, atau lumayan paham mobil tapi kendaraan yang Anda beli punya fitur neko-neko, maka kehadiran buku manual akan wajib diperlukan agar tak salah pengoperasian kemudian perawatan. Jadi sebisa mungkin, pastikan Anda mendapat buku manualnya, ya!

7. Kuitansi pembelian

Ini adalah bukti transaksi antara Anda serta penjual. Anda harus meminta-minta kuitansi yang ditandatangani oleh penjual kemudian mencantumkan detail seperti harga, tanggal, nomor polisi, kemudian nomor rangka mobil. Kuitansi ini berguna untuk melindungi Anda dari kemungkinan kecurangan atau sengketa di dalam kemudian hari.

Dengan memeriksa berkas-berkas di area atas, Anda sanggup lebih lanjut yakin kemudian tenang saat beli mobil bekas. Selamat berburu mobil impian Anda!

Sumber : suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *