2 Cara Membuat Nomor Otomatis dalam Microsoft Excel, Praktis juga Mudah

Posted on

Otomotife.com – Bagaimana cara menciptakan nomor otomatis di area Microsoft Excel dengan mudah? Ikuti tutorial Microsoft Excel yang dimaksud memudahkan untuk pekerjaan berikut ini.

Selama ini Microsoft Excel dikenal sebagai perangkat lunak spreadsheet yang digunakan memungkinkan untuk mengerjakan juga melakukan berbagai fungsi matematika kemudian pengolahan data.

Salah satunya adalah fungsi bagaimana penomoran yang digunakan bisa saja dijalankan secara otomatis. Fitur ini menghindari kesalahan dalam entri manual.

Memahami cara menggunakan fungsi ini dapat membantu kamu menavigasi spreadsheet dengan lebih banyak efisien serta mengurangi waktu yang digunakan biasanya diperlukan untuk penomoran manual.

Berikut ini ada dua cara memproduksi nomor otomatis pada Microsoft Excel dengan mudah yang mana dirangkum Suara.com untuk Anda.

Cara Membuat Nomor Otomatis Pola Sekuensial

Excel biasanya dapat mengenali pola bilangan berurutan, yang dimaksud berarti kamu dapat menggunakan metode ini dengan cepat dan juga mudah untuk memerintahkan perangkat lunak mengisi sel secara otomatis dengan bilangan bulat berikutnya secara berurutan.

  • Pilih sel serta tempatkan nomor awal. Biasanya, sel awal berada di area bagian atas spreadsheet, namun kamu bisa saja memulai dari mana saja.
  • Pilih sel untuk nomor awal, masukkan ke dalam sel, serta isi sel berikutnya dengan nomor berikutnya dalam urutan.
  • Tentukan bilangan akhir dalam barisan tersebut. Penting untuk mengetahui nomor akhir yang tersebut kamu inginkan dalam barisan sehingga kamu tahu kapan harus berhenti mengisi baris.
  • Tentukan dimana urutan kamu berakhir lalu ingat nomor itu sehingga kamu dapat mencarinya saat kamu menyeret pengendali untuk mengisi daftar.
  • Pilih kedua sel lalu gunakan pegangan hijau untuk menyeret keluar bilangan berikutnya. Saat Excel mengenali pola angka, pegangan hijau akan muncul dalam bagian bawah sel kedua jika kamu memilih kedua sel bernomor.
  • Klik kemudian seret pengendali ini hingga kolom terisi dengan bilangan yang digunakan kamu inginkan hingga bilangan bulat akhir.
  • Verifikasi keakuratan hasil. Setiap kali kamu menggunakan fungsi, rumus, atau alat di tempat Excel, penting untuk memverifikasi hasilnya untuk menentukan apakah kemudian di dalam mana kamu mungkin melakukan kesalahan.

Cara Membuat Nomor Otomatis Fungsi ROW

  • Pilih baris mana yang digunakan kamu inginkan menjadi awal penomoran urut kamu.
  • Tuliskan rumus ROW di area dalam sel sehingga Excel mengetahui bahwa itu adalah baris awal untuk barisan tersebut. Misalnya, kamu dapat menulis “=ROW(B1)” untuk menghasilkan bilangan bulat satu pada baris pertama kolom B.
  • Klik juga seret atau klik dua kali gagang hijau. Sama seperti yang dimaksud kamu lakukan dengan metode pola berurutan, kamu sanggup mengklik kemudian menyeret pengendali hijau yang muncul dalam bagian bawah sel untuk mengisi baris kamu dengan angka. Atau, jika kamu sudah memiliki data pada baris yang tersebut berdekatan, klik dua kali pengendali untuk mengisi baris dengan nomor urut.
  • Sortir data kamu kemudian pastikan urutannya berurutan.
  • Jika kamu menyelesaikan perintah dengan benar, kamu dapat mengurutkan baris sesuai kebutuhan serta urutannya tetap teratur. Sortir data kamu sesuai kebutuhan kemudian pastikan semuanya tetap teratur, atau hapus perintah asli lalu coba lagi hingga benar.

Itulah dua cara menyebabkan nomor otomatis dalam Microsoft Excel dengan mudah. Semoga tutorial Microsoft Excel pada atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *